Sosialisasi Graduasi KPM PKH di Kutai Barat

MUARA LAWA – Kepala Dinas Sosial Prov. Kaltim HM Agus Hari Kesuma dalam hal ini diwakili Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Achmad Rasyidi menjadi Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Graduasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), di wilayah Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (14/6/22) ini dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Kutai Barat beserta jajarannya, jajaran Kecamatan Muara Lawa, dan Petinggi Kampung Cempedas.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 40 orang perwakilan KPM PKH melakukan graduasi terhadap penerima manfaat bantuan sosial di daerah Kec. Muara Lawa.

Untuk diketahui, Program Keluarga Harapan ialah bantuan sosial non tunai bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat yang namanya terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Tujuan utama dari Program Keluarga Harapan ialah mengurangi angka dan memutus mata rantai kemiskinan. Untuk besaran bantuan berbeda-beda sesuai dengan kategori yang ada dalam keluarga tersebut.

Graduasi yang dimaksud dalam arah kebijakan PKH tersebut adalah terpenuhinya kriteria kepesertaan dan meningkatnya suatu kondisi sosial ekonomi, yang dibuktikan melalui kegiatan pemutakhiran data. Graduasi sendiri memiliki berbagai tujuan. Pertama, mendukung upaya percepatan pengentasan kemiskinan yang sejalan dengan tujuan PKH. Kedua, memastikan penerima bantuan sosial PKH tepat sasaran. Ketiga, meminimalisir timbulnya kesenjangan sosial, dan Keempat, mewujudkan rasa keadilan sosial.

Graduasi dalam PKH sendiri terbagi menjadi dua yaitu graduasi alamiah dan graduasi sejahtera mandiri. Graduasi alamiah adalah berakhirnya kepesertaan dikarenakan kondisi KPM PKH sudah tidak terpenuhinya kriteria kepesertaan seperti tidak memiliki pengurus kepesertaan atau tidak memiliki salah satu komponen kepesertaan. Sedangkan, graduasi sejahtera mandiri adalah berakhirnya kepesertaan KPM PKH karena kondisi sosial ekonomi yang sudah meningkat dan sejahtera serta dikategorikan mampu sehingga sudah tidak layak lagi mendapatkan bantuan sosial PKH. (mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *