Relawan Tagana Harus Terampil Dalam Hal Penanganan Bencana

SAMARINDA – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, menggelar Kegiatan Pemantapan Layanan Dukungan Psikososial Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung tanggal 02 s/d 04 Juni 2021 tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kaltim, HM Agus Hari Kesuma (AHK), Rabu (02/6/21) di Hotel Mercure, Jl. Mulawarman No. 171 Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut, AHK berpesan kepada para Relawan Tagana yang merupakan ujung tombak dalam penanganan masalah kebencanaan di Dinas Sosial.

“Seluruh relawan Tagana diharapkan agar meningkatkan pengetahuannya dalam menangani bencana. Selain terampil dalam hal logistik juga terampil dalam hal memulihkan mental para korban bencana dengan memahami segala materi dalam kegiatan pemantapan layanan dukungan psikososial.” harap AHK.

Lebih lanjut, AHK menjelaskan bahwa konsep Psikososial terdiri 2 (dua) hal, yaitu psiko dan sosial. Kata psiko mengacu pada jiwa, pikiran, emosi atau perasaan, perilaku, hal-hal yang diyakini, sikap, persepsi dan pemahaman akan diri. Kata sosial merujuk pada orang lain, tatanan sosial, norma, nilai aturan, sistem ekonomi, sistem kekerabatan, agama atau religi serta keyakinan yang berlaku dalam suatu masyarakat.

“Tujuan dukungan Psikososial adalah mengembalikan individu atau keluarga atau kelompok pasca kejadian tertentu sehingga menjadi kuat secara individu, berfungsi optimal, memiliki ketangguhan dalam menghadapi masalah serta menjadi berdaya dan produktif dalam menjalani hidup.” tutup AHK.

Sementara itu, Kabid Linjamsos H Ahmadin, dalam hal ini selaku ketua panitia mengatakan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 peserta perwakilan dari FK Tagana Prov. Kaltim dan Tagana Kab/Kota se-Kaltim.

Turut hadir, Sekretaris Dinas Sosial Kaltim HM Yusuf, Kepala Dinas Sosial Kutai Kartanegara, Kepala Dinas Sosial Balikpapan, Kepala Dinas Sosial Penajam Paser Utara, Kepala Dinas Sosial Berau, serta Kepala Bidang dan Kepala UPTD di lingkungan Dinas Sosial Kaltim. (mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *