Rakor dan Sosialisasi Bansos Pangan Program Sembako 2020

SAMARINDA -Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Bantuan Sosial Pangan Program Sembako Tahun 2020, Kamis (20/2) pagi, secara resmi dibuka oleh Plt Asisten I Setprov Kaltim, H.M. Jauhar Effendi, mewakili Plt Sekprov Kaltim, di Selyca Mulia Hotel, Samarinda.

Dalam kesempatan tersebut, Jauhar mengatakan, bahwa kemiskinan tidak boleh dipelihara karena pada dasarnya tidak ada yang mau dilahirkan sebagai orang miskin. Oleh karena itu program Bansos Pangan Program Sembako yang merupakan lanjutan dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Selain pemberian bantuan, salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi kemiskinan sebenarnya adalah merubah pola pikir masyarakat miskin, agar lebih berusaha lagi untuk keluar dari garis kemiskinan, tentunya hal itu menjadi tugas kita bersama. Jangan sampai masyarakat miskin justru memiliki ketergantungan dengan adanya program pemberian bantuan-bantuan tersebut,” papar Jauhar dalam sambutannya.

Sebagai informasi, dalam program Bansos Pangan Program Sembako Tahun 2020 ini, setiap bulannya mulai bulan Januari 2020 lalu, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan sembako melalui sistem top up e money masing-masing senilai Rp150.000/KPM, yang mana bantuan tersebut dapat ditukarkan sembako di e-Warong terdiri dari sumber karbohirat dan sumber protein baik hewani maupun nabati.

“Program sembako ini diharapkan dapat meringankan beban pengeluaran dan tambahan nutrisi bagi KPM, sekaligus meminimalisir kasus stunting pada anak,” tegasnya.

Sebelumnya, Kabid Penanganan Fakir Miskin, Hj. Hertati, mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta dari Kabupaten/kota se Kaltim 40 orang, terdiri dari Instansi Sosial, TKSK, dan Pendamping Sosial, serta peserta dari Provinsi 10 orang.

Adapun nara sumber dalam kegiatan tersebut adalah Kadis Sosial Kaltim, HM. Agus Hari Kesuma, Direktur Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI, Perum Bulog, serta dari BI Perwakilan Samarinda.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan sinergitas pelaksanaan penyaluran bansos pangan di Kaltim,” ucap Hertati.

Acara pembukaan Rakor dan Sosialisasi Bantuan Sosial Pangan Program Sembako Tahun 2020 tersebut turut dihadiri oleh para pejabat Administrator dan Pengawas di lingkup Dinas Sosial Kaltim, serta turut dihadiri pula oleh Kadis Sosial Balikpapan, Purnomo, dan Kadis Sosial Penajam Paser Utara, Bagenda Ali. (hms/mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *