Puncak Peringatan HDI Tahun 2019

SAMARINDA -Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur, melalui Bidang Pelayanan dan Pemberdayaan Sosial dalam hal ini Seksi Rehabilitasi Penyandang Disabilitas, Kamis (12/12) menggelar acara puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Provinsi Kaltim yang dilangsungkan di ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim Jl Gajah Mada Nomor 2 Samarinda.

Puncak peringatan HDI Provindi Kaltim yang mengangkat tema Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul tersebut menggambarkan semangat mewujudkan hak penyandang disabilitas untuk hidup setara dan berpartisipasi aktif sebagai agen pembangunan khususnya di Kaltim.

“Pertama-tama saya mohon izin pada yang terhormat bapak Gubernur, Wagub dan pak Plt Sekda, karena saya ditunjuk mewakili beliau-beliau untuk menghadiri sekaligus membacakan sambutan dalam rangka peringatan HKD Tahun 2019 ini, melalui peringatan Hari Disabilitas Internasional ini diharapkan dapat memberi semangat dan motivasi kita semua dalam memberikan layanan kepada penyandang disabilitas, sekaligus menumbuhkembangkan pribadi-pribadi para penyandang disabilitas yang memiliki kesetaraan dengan masyarakat umum lainnya, yang mandiri, sehat, kuat dan produktif serta memiliki semangat dan pengharapan masa depan yang lebih baik,” papar Kadis Sosial Kaltim, HM. Agus Hari Kesuma dalam kesempatan tersebut.

Lebih lanjut Kadis Sosial menambahkan, sebagai salah satu kepedulian terhadap penyandang disabilitas, Pemprov Kaltim dalam RPJMD 2018-2023 mengusung visi Berani untuk Kalimantan Timur Berdaulat, yang mana salah satu visi nya adalah bertekad untuk dapat berdaulat dalam pembangunan SDM yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan pemuda dan penyandang disabilitas.

Selain itu Pemprov Kaltim juga mendukung implementasi UU Nomor 08 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, dengan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Kaltim Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Pemerintah dan masyarakat maupun kalangan dunia usaha sama-sama memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab memberikan layanan dan aksesibilitas yang sebaik-baiknya bagi penyandang disabilitas khususnya di Kaltim, harapan kami melalui momen peringatan HDI kali ini dapat memberi semangat dan motivasi bagi kita semua dalam memberikan layanan kepada para penyandang disabilitas,” tegasnya.

Sebagai informasi, berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam peringatan HDI Tahun 2019 di Kaltim, mulai dari sosialisasi penyebaran informasi tentang HDI, seminar/lokakarya, olahraga meliputi senam dan jalan sehat, bazar/mini expo serta penyerahan-penyerahan bantuan, ability fair, pembinaan dan bimbingan bagi penyandang disabilitas, hingga pembuatan parkir motor khusus bagi penyandang disabilitas di kantor Dinas Sosial Kaltim. (hms)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *