Puncak Hari Kartini, Pemerintah Berikan Apresiasi Kepada Perempuan Berjasa dan Berprestasi

SAMARINDA – Gubernur Kaltim H Isran Noor dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma (AHK) menghadiri acara puncak Peringatan Hari Kartini tingkat Provinsi Kaltim tahun 2022, yang digelar di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (21/4/22).

Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk hadirnya pemerintah dengan memberikan apresiasi kepada perempuan berjasa dan berprestasi di bidang tertentu, serta meningkatkan kepedulian pemerintah daerah dalam mendorong kaum perempuan untuk berprestasi di bidang-bidang tertentu.

Sebanyak sepuluh perempuan berjasa dan berprestasi dari berbagai bidang, dari kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim menerima penghargaan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) pada puncak Peringatan Hari Kartini.

Penghargaan dan plakat kepada sepuluh perempuan berjasa dan berprestasi diserahkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltim HM Agus Hari Kesuma mewakili Gubernur Kaltim didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi.

AHK mengatakan memperingati hari Kartini merupakan salah satu wujud kebanggaan dan penghargaan Pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan hak-hak perempuan, sehingga saat ini perempuan bisa maju dan memperoleh hak yang sejajar dengan kaum pria.

“Peringatan Hari Kartini yang kita adakan pada hari ini merupakan salah satu wujud rasa kebanggaan kita, wujud dari penghargaan kita terhadap jasa-jasa dan perjuangan Kartini,” kata AHK.

Agus menambahkan momentum peringatan Hari Kartini ke-144 tahun 2022 ini dapat diambil hikmahnya yaitu mencontoh dan meneladani semangat Kartini, semua dituntut berperan serta dan berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan di daerah.

“Atas nama Pemprov Kaltim, kami mengucapkan selamat dan apresiasi kepada sepuluh perempuan yang telah menerima penghargaan dari masing-masing kabupaten dan kota yang telah berjasa dan berprestasi dalam pembangunan, semoga penghargaan ini mampu menginspirasi kaum Kartini lainnya untuk berkontribusi dalam berbagai program pembangunan di daerah,” pesan AHK.

Tahapan seleksi telah dilakukan dengan ketat dengan mengacu pada kriteria khusus seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, pertanian serta sosial budaya.

Pada puncak Peringatan Hari Kartini tahun 2022 dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi juga dilaksanakan secara lansung (luring) dari Istana Negara Jakarta akan diberikan langsung oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo dan Hj Wury Estu Ma’ruf Amin selaku pembina bersama seluruh anggota OASE-KIM.

Namun untuk mendapatkan penghargaan di Istana Negara Jakarta ini hanya 10 orang pemenang saja, mengingat kondisi pandemi saat ini dan para pemenang di tingkat provinsi dilaksanakan di provinsi masing masing.

Penerima penghargaan perempuan berprestasi dan berjasa Kaltim, terdiri Daipah (Paser), Zulfatul Muslilah (Kutai Kartanegara), Yuliana Padandi (Berau), Betsi (Kutai Barat), Pajriah Sabri Tagor (Kutai Timur), Siti Rukiyah (Penajam Paser Utara), Yuliana Dau Liten (Mahulu), Elis Musliana (Balikpapan), Siti Rokhayahna (Samarinda) dan Siti Nurhayati (Bontang).

Harapannya, para perempuan berjasa dan berprestasi ini akan terus meningkatkan prestasinya di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, pertanian serta sosial budaya. (mc/adpimprovkaltim)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *