Pembukaan Bimbingan Mental Sosial Dan Latihan Keterampilan Tahun 2021 dan Launching Raja Teram PSBR Samarinda

SAMARINDA – Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma (AHK) membuka kegiatan Bimbingan Mental Sosial dan Pelatihan Keterampilan Tahun 2021 Angkatan Pertama serta Melaunching Program Raja Teram ( Remaja Terampil ) didampingi Sekretaris HM Yusuf, Sabtu (27/3/21), bertempat di UPTD Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Samarinda, Jalan D.I Panjaitan, Komplek Indovice, Blok. A No. 20, Sungai Pinang Dalam, Samarinda.

UPTD PSBR Samarinda pada tahun 2021 ini melaksanakan bimbingan mental sosial dan latihan keterampilan sebanyak 2 angkatan dengan jumlah peserta 60 (enam puluh) orang. Bimbingan mental sosial meliputi bimbingan orientasi dan motivasi, agama, PBB, kewirausahaan serta musik dan latihan keterampilan ini memiliki 2 jurusan yaitu jurusan otomotif dan tata rias, ditambah lagi dengan keterampilan membuat kuliner, industri dan catring, sekarang menjadi 3 latihan keterampilan yang akan didapatkan oleh peserta yang mengikuti pelatihan ini. Peserta terdiri dari kabupaten/kota se Kalimantan Timur.

Inovasi keterampilan ini merupakan gagasan dari Kepala UPTD PSBR Samarinda Anugrah Nur Indah dengan tujuan meningkatkan program UPTD PSBR Samarinda yang tadinya hanya 2 keterampilan sekarang menjadi 3 keterampilan dengan harapan munculnya jiwa peserta dalam berwirausaha, yang nantinya akan muncul usaha ekonomi kreatif.

Dalam kesempatannya, Kadis Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma berpesan program ini merupakan inovasi yang baik disaat pandemi seperti ini, karena menciptakan kreasi dan inovasi yang dapat menghasilkan keterampilan baru khususnya dibidang kuliner serta dapat menjadi penghasilan yang nantinya bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi peserta pelatihan di UPTD Panti Sosial Bina Remaja Samarinda. AHK juga mengingatkan agar selalu mematuhi Protokol Kesahatan (Prokes) dalam setiap kegiatan bimbingan berlangsung sehingga harapannya kedepan bisa dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Pelrehsos Mohammad Suhaidy, Kabid PFM Saprudin Saida Panda, dan Kepala Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma (PSPAD) Salawati. (has/mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *