Kunjungan OL Lanjutan di Prov. Bali

DENPASAR – Setelah kemarin melakukan kegiatan kunjungan OL di Prov. Jawa Barat, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur HM Agus Hari Kesuma didampingi Sekretaris HM Yusuf, Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (Pelrehsos) Doni Julfiansyah dan Kabid Penanganan Fakir Miskin (PFM) Saprudin Saida Panda beserta jajarannya kembali melakukan Kunjungan Orientasi Lapangan (OL) di Provinsi Bali, pada tanggal 3 – 6 Juni 2022.

Setelah tiba di Pulau Dewata, jajaran Dinas Sosial Kaltim bertolak menuju Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Bali di Jl. Cok Agung Tresna No. 2, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali. Dalam kunjungan tersebut, rombongan Dinas Sosial Prov. Kaltim diterima dan disambut baik oleh Kepala Dinsos P3A Prov. Bali yang diwakili Kabid Rehsos Atim Widyani dan Kabid PFM Dayu Anggraini beserta jajarannya.

“Kunjungan ini merupakan lanjutan dari Prov. Jawa Barat yang baru saja kita lakukan kemarin dan ini juga salah satu rekomendasi yang dihasilkan oleh Rakor Kessos di Pulau Derawan kemarin (22-24 Maret 2022),” ucap AHK.

Dalam sambutannya, Kadis Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma menyampaikan maksud dan tujuannya bertandang ke Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Bali adalah dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus studi banding ke Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Mahatmiya Bali tentang model pelayanan bagi penyandang disabilitas, karena Pemprov Kaltim melalui Dinsos Kaltim akan membangun Panti Disabilitas di Benua Etam.

Setelah berkunjung ke Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Bali, jajaran Dinsos Kaltim langsung melanjutkan kunjungannya ke BRSPDSN Mahatmiya Bali yang beralamat di Jl. S. Parman No. 1 Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Dinas Sosial Kaltim diterima dan disambut baik oleh jajaran BRSPDSN Mahatmiya Bali.

Kepala BRSPDSN Mahatmiya Bali atau yang mewakili dalam paparannya mengatakan, Balai ini merupakan UPT Kemensos yang menangani disabilitas cluster tuna netra, namun dalam perkembangannya balai rehabilitasi ini telah melakukan program Atensi (asistensi rehabilitasi sosial) melalui multi layanan terhadap PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial).

Sekedar informasi, Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Mahatmiya Bali ini adalah Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial Republik Indonesia, bergerak dibidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Orang Dengan Kecacatan (ODK), bertugas memberikan bimbingan, pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas agar mampu mandiri. BRSPDSN Mahatmiya Bali dalam rangka implementasi hak-hak serta peningkatan kesejahteraan orang dengan kecacatan melalui rehabilitasi sosial di dalam panti dan di luar panti. ODK yang belum atau tidak memungkinkan untuk diberikan rehabilitasi sosial di dalam panti maka akan dilayani di luar panti (outreach services). BRSPDSN Mahatmiya Bali memiliki kapasitas tampung 50 orang penerima manfaat terdiri dari 50 orang penyandang disabilitas netra. Turut hadir, Kepala UPTD Panti Sosial di lingkungan Dinsos Kaltim beserta jajaran, Kadis Dinsos Kukar beserta Staf, Pejabat Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov. Bali beserta jajaran, dan jajaran Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Mahatmiya Bali. (mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *