Kepemimpinan Dasar Kepemudaan

SAMARINDA – Kepala Dinas Sosial Prov. Kaltim HM Agus Hari Kesuma menjadi Narasumber pada Kegiatan Pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kalimantan Timur di Aula Kantor Dispora Prov. Kaltim, Jumat (29/7/22) siang.

Materi yang dibawa AHK pada kali ini bertemakan, “Kepemimpinan Dasar Kepemudaan”. Dalam paparannya, pemuda memiliki sejarah emas dalam perintisan pergerakan kebangsaan Indonesia. Pemuda berperan aktif sebagai ujung tombak dalam mengantarkan bangsa dan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, dan berdaulat.

“Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya,” ucapnya.

Dihadapan para calon Paskibraka Kaltim AHK menjelaskan, gaya kepemimpinan terbagi menjadi 6 (enam) tipe yaitu, tipe otokratis, militeristis, tipe paternalistis, tipe laissez faire, tipe demokratis, dan tipe kharismatis.

Aspek penting untuk menjadi seorang pemimpin yaitu mempunyai kekuatan atau energi, memiliki kecakapan bergaul yang baik, dapat menguasai perasaan emosionalnya, mengetahui kemampuan teknis, memiliki kecakapan berkomunikasi yang baik kepada orang lain, mempunyai jiwa keteladanan, dan memiliki motivasi dan dorongan pribadi.

“Menjadi pemimpin yang efektif itu mampu memecahkan masalah, mampu menetapkan prioritas, mampu memotivasi, mampu berkomunikasi, mampu melakukan presentasi atau pidato, mampu mengajar atau mentransfer pengetahuan, mampu menangani konflik, dan mampu membimbing,” paparnya.

Sebelumnya, Kadis Sosial AHK menghadiri pembukaan Pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kalimantan Timur didampingi Sekretaris HM Yusuf, Jumat (29/7/22) pagi di Aula Kantor Dispora Prov. Kaltim. (mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *