Kadis Sosial `Blusukan` di UPTD

SAMARINDA –Ditengah-tengah cuaca buruk dan banjir di sejumlah ruas jalan di Kota Samarinda, Kadis Sosial Kaltim, HM.Agus Hari Kesuma, didampingi Sekretaris, HM. Yusuf, dan Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Edy Suhaedi, Senin (7/10) kembali melanjutkan aksi `blusukan` alias kunjungan kerja ke UPTD dibawah naungan Dinas Sosial Kaltim, kali ini tiga UPTD sekaligus menjadi obyek kunjungan mantan Sekretaris Korpi Kaltim ini.

Kunjungan kerja kali ini diawali di UPTD Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) yang ada di Jl. DI Panjaitan Perum.Indovice, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda.
Dalam kunjungan tersebut, Kadis Sosial beserta rombongan disambut Kepala UPTD PSBR, Anugerah Nurindah, didampingi para pejabat pengawas dan jajaran pegawai di lingkungan panti.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Sosial mengatakan, bahwa kunjungan yang dilakukannya tersebut selain dalam rangka silaturahim dengan keluarga besar di lingkungan UPTD, juga dalam rangka menyerap aspirasi atau menggali permasalahan-permasalahan yang ada di UPTD dengan harapan dapat dicarikan solusi bersama.

“Tujuan kunjungan saya ke UPTD selain dalam rangka silaturahim adalah juga untuk menggali permasalahan-permasalahan yang ada di UPTD, dengan harapan nantinya dapat dicarikan solusi bersama, karena harus diketahui panti merupakan ujung tombak Dinas Sosial dalam melakukan tugas-tugas pelayanan sosial, sehingga diharapkan tidak ada kendala-kendala yang dapat menghambat program kinerja,” papar Kadis Sosial.

Sementara itu, Kepala UPTD PSBR Samarinda, Anugerah Nurindah, menyampaikan beberapa hal terkait situasi dan kondisi UPTD yang dipimpinnya tersebut, mulai dari masalah Sumber Daya Manusia (SDM) hingga sarana dan prasarana panti.

Usai pertemuan yang dilangsungkan di ruang kerja Kepala UPTD PSBR tersebut, Kadis Sosial kemudian menyempatkan diri meninjau kondisi gedung-gedung di lingkungan panti, bahkan Kadis Sosial juga menyempatkan diri berinteraksi dengan 15 orang Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) yang dibina di panti tersebut.

Usai rangkaian kunjungan kerja di UPTD PSBR, Kadis Sosial menyempatkan diri singgah di UPTD Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Harapan Mulia, yang letaknya tidak jauh dari lokasi UPTD PSBR guna mengecek langsung kondisi panti sosial yang bertugas menangani Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) tersebut.

“Untuk kegiatan kunjungan lengkap serta silaturahmi dengan para pegawai di UPTD PSKW tetap akan kami agendakan hari Selasa (8/10) nanti,” tegasnya.

Setelah singgah sejenak di UPTD PSKW Harapan Mulia, Kadis Sosial Kaltim beserta rombongan melanjutkan agenda kunjungan kerja ke UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Harapan (PSAAH) di Jl Merdeka 1, Samarinda.

Dalam kunjungan tersebut, Kadis Sosial Kaltim beserta rombongan disambut Kepala UPTD PSAAH Samarinda, Saprudin Saida Panda didampingi Kasub Bag Tata Usaha (TU), Agustina Kulla, serta jajaran pegawai di lingkungan panti tersebut.

Sama seperti kunjungan di UPTD PSBR, dalam kunjungan di UPTD PSAAH tersebut Kadis Sosial langsung melakukan audiensi dengan Kepala UPTD dan jajaran pegawai guna mendengarkan keluhan atau pun masukan dari keluarga besar panti yang memiliki tupoksi menangani anak terlantar itu.

Dalam paparannya, Kepala UPTD PSAAH, Saprudin Saida Panda, mengatakan bahwa dari kapasitas penghuni panti yang seharusnya yakni sebanyak 100 orang, saat ini UPTD yang dipimpinnya itu hanya mampu menampung 80 orang, hal itu dikarenakan adanya dua gedung atau wisma yang biasanya berfungsi sebagai penampungan para klien mengalami kerusakan sehingga tidak layak dihuni.

“Dari kapasitas maksimal 100 orang, dengan terpaksa saat ini kami hanya mampu menangani 80 orang klien, dikarenakan kondisi dua bangunan wisma kami tidak layak lagi digunakan, sehingga diharapkan pada tahun 2020 nanti bisa dilakukan rehab sebagaimana yang telah kami usulkan melalui Dinas Sosial, sehingga tahun berikutnya kami bisa kembali melayani 100 anak terlantar sesuai dengan kapasitas awal,” ungkap Panda.

Sementara itu Kadis Sosial Kaltim menegaskan bahwa tugas-tugas pelayanan dasar di bidang sosial yang ditangani Dinas Sosial beserta UPTD dibawah naungan Instansi Sosial di Kaltim itu masuk dalam program prioritas pemerintah, sehingga diperlukan persamaan persepsi antara Dinas dan UPTD, sehingga tugas-tugas berat yang ditangani bisa terlaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Usai pertemua, Kadis Sosial pun meninjau kondisi wisma-wisma di UPTD PSAAH yang mengalami kerusakan sehingga memerlukan dilakukannya rehabilitasi secepatnya demi pulih dan normalnya fungsi maksimal pelayanan anak terlantar yang ditangani UPTD tersbut. (hms)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *