Dinsos Kaltim Gelar Rakornis Kessos 2021

BALIKPAPAN – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Teknis (Rakornis) Bidang Kesejahteraan Sosial Prov. Kaltim Tahun 2021 dengan tema ‘Sinergitas Perencanaan Program Dan Kegiatan Kesejahteraan Sosial Dalam Menunjang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Yang Valid Dan Berkualitas’. Kegiatan Rakornis ini bertujuan untuk menyamakan pandangan tentang pentingnya validasi DTKS untuk mendapatkan data yang akurat dan valid.

Kegiatan yang menjadi agenda tahunan Instansi Sosial se Kaltim ini berlangsung di Grand Jatra Hotel Balikpapan, Super Block Lt. 8, Jl. Jenderal Sudirman No. 47, Gn. Bahagia, Balikpapan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai dari tanggal 29 s/d 31 Maret 2021.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Kalimantan Timur, H Isran Noor didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur, HM Agus Hari Kesuma (AHK).

Isran Noor dalam sambutannya mengatakan, tingkat Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Timur memiliki kecenderungan menurun pada setiap periode pembangunan hingga mencapai angka 5,94 persen pada Maret Tahun 2019. Meskipun memiliki kecenderungan menurun, tingkat kemiskinan mulai mengalami kerentanan dalam penurunannya.

“Secara absolut, jumlah penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Timur memiliki trend yang fluktuatif dalam perkembangannya. Apalagi dengan adanya Covid-19 yang belum berakhir membuat tingkat kemiskinan masyarakat secara umum makin bertambah, namun untuk Provinsi Kalimantan Timur tidak begitu signifikan pengaruhnya, namun terasa dalam pendapatan bagi pekerja sektor non formal.”, pungkas Isran.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka permasalahan Sosial tidak dapat dipandang sebelah mata lagi dan Program Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang berorientasi pada Pembangunan Sumber Daya Manusia harus mampu memberikan kontribusi bagi Pembangunan menuju Kalimantan Timur Berdaulat.”, tutup Isran sekaligus mengakhiri sambutan dengan pemukulan palu.

Setelah melakukan pukul palu, dilakukan penyerahan bantuan logistik korban bencana sosial secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Timur kepada Kepala Dinas Sosial Prov. Kaltim.

Sementara itu, Kadis Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma yang sekaligus menjadi ketua panitia rakornis dalam laporannya menyebutkan, peserta kegiatan tersebut diikuti sebanyak 68 orang dengan keterangan 33 peserta secara tatap muka (offline) dan 35 peserta secara virtual Zoom (online), dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.

Sebagai informasi, acara pembukaan kegiatan Rakornis Kessos 2021 tersebut dihadiri Sebagai informasi, acara pembukaan kegiatan Rakornis Kessos 2021 tersebut dihadiri dari Perwakilan dari Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov. Kaltim, serta Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKPPPA) Prov. Kaltim. (mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *