Berikan Pelayanan Kepada Penyandang Disabilitas Dengan Penuh Kasih Sayang

BALIKPAPAN – Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Seksi Rehabilitasi Disabilitas, menggelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Pendamping Penyandang Disabilitas se-Kalimantan Timur Tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 06 s/d 08 Juni 2021 tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kaltim, HM Agus Hari Kesuma (AHK), Minggu (06/6/21) di Golden Tulip Balikpapan Hotel & Suites, Jl. Jenderal Sudirman No. 7, Klandasan Ilir, Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut, AHK berpesan kepada para Pendamping Disabilitas sebagai ujung tombak pelayanan untuk dapat memberikan yang terbaik baik kepada Penyandang Disabilitas maupun Keluarga.

“Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kepada penyandang disabilitas, peran pendamping menjadi peranan penting dalam memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial mereka dengan tepat, penuh tanggung jawab dan kasih sayang. Oleh karena itu, perlu komitmen kita bersama untuk menghormati, memajukan, melindungi dan memenuhi hak penyandang disabilitas sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas.” harap AHK pada saat membuka acara, Minggu (06/6/21) malam.

Lebih lanjut, AHK menjelaskan bahwa pentingnya pendataan yang terintegrasi untuk membantu dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

“Pendataan masyarakat disabilitas harus akurat berdasarkan karakteristik dan ragam disabilitas yang disandang. Data juga harus rinci untuk mengatasi hambatan para penyandang disabilitas dalam mendapatkan haknya, untuk itu saya harap kepada pendamping untuk teliti menentukan kedisabilitasan seseorang agar bisa disinergikan dengan pelayanan, tindakan preventif dan rehabilitasi yang sangat mendukung pemulihan psikososial dalam rangka pemenuhan hak-hak bagi penyandang disabilitas.” tutur AHK.

Sementara itu, Kabid Pelrehsos Moh. Suhaedy dengan ini diwakili Plt. Kasi Rehabilitasi Disabilitasi Asriansyah, membacakan laporan panitia dengan mengatakan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 peserta perwakilan yang terdiri dari Dinsos Prov. Kaltim sebanyak 10 peserta, Dinsos Kab/Kota sebanyak 10 peserta, dan Pendamping penyandang disabilitas Kab/Kota sebanyak 20 peserta.

Dalam kegiatan ini sudah menjalani/menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat.

Turut hadir, Sekretaris Dinas Sosial Kaltim HM Yusuf, Kepala Dinas Sosial Kab/Kota se-Kaltim, serta Kepala Bidang dan Kepala UPTD di lingkungan Dinas Sosial Kaltim. (dpa/mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *