Belum Bisa Dipulangkan, Dinas Sosial Tampung 6 OT

SAMARINDA -Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur, Senin (18/5) kembali menerima 6 Orang Terlantar (OT) yang merupakan korban PHK salah satu perusahaan perkebunan sawit yang berada di Kabupaten Berau.

Kadis Sosial Kaltim, HM Agus Hari Kesuma, melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Ahmadin, mengatakan, ke 6 OT tersebut untuk sementara waktu ditampung di UPTD Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Harapan Mulia, di Jl Mayjend DI Panjaitan, Sungai Pinang Dalam, Samarinda.

“Untuk 6 OT korban PHK perusahaan perkebunan sawit di Berau tersebut sementara kami tampung di UPTD PSKW sambil menunggu perkembangan selanjutnya.Karena untuk pemulangan ke daerah asal untuk saat ini belum dapat dilakukan terkait permasalahan Covid-19 yang mana sejumlah daerah memberlakukan PSBB, yang tidak memungkinkan bagi kami melakukan pemulangan ke daerah asal,” papar Ahmadin.

Menurutnya, pihaknya menjamin pemenuhan kebutuhan makan, minum dan tempat tinggal sementara bagi ke 6 OT tersebut sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

“Pada intinya kami menjamin keperluan makan, minum dan tempat tinggal mereka, sampai kondisi memungkinkan untuk melakukan pemulangan ke daerah asal. Dan mereka pun kami persilahkan jika ingin mencoba mencari pekerjaan di Samarinda, yang pasti kami siap memenuhi kebutuhan makan, minum dan tempat tinggal sementara bagi mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, sebelum ditampung di UPTD PSKW ke 6 OT tersebut sebelumnya telah menjalani protokol pemeriksaan kesehatan penanganan Covid-19 dan dinyatakan sehat dengan suhu tubuh rata-rata 35 hingga 36 derajat celcius.Perlu diketahui, berdasarkan alamat yang tertera dalam KTP dan KK, ke 6 OT tersebut berasal dari sejumlah daerah berbeda, diantaranya Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Lombok Tengah serta Lombok Timur Provinsi NTB. (mc)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *