Pencanangan KSB Kelurahan Bukit Merdeka

By: Admin
12 Oktober 2017

SAMARINDA -Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak, yang dalam hal ini diwakili Kadis Sosial Kaltim, Dr. Ir. H. Budi Pranowo, MM, pada hari Rabu (11/10) secara simbolis mencanangkan Keurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) Peduli Lingkungan, sebagai salah satu kawasan program penanggulangan bencana sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dan UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial serta Peraturan Menteri Sosial (Permensos) RI Nomor 128 Tahun 2011 tentang Kampung Siaga Bencana (KSB) serta Permensos RI Nomor 26 Tahun 2015 tentang Pedoman Koordinasi Kluster Pengungsian dan Perlindungan.

"Keberadaan KSB sangat terasa manfaatnya di suatu daerah yang memiliki titik rawan bencana  yang cukup rentan, hal tersebut sejalan dengan maksud dari program KSB yakni memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada di lingkungan Kelurahan Bukti Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar," papar Budi Pranowo saat membacakan sambutan Gubernur.

Lebih lanjut ia menambahkan, tujuan dilaksanakannya program KSB antara lain :

- Memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat sekitar Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar tentang kerawanan dan ancaman bencana.

- Membentuk jejaring kerja terkait dengan kesiapsiagaan bencana yang berbasis masyarakat.

- Mengorganisir potensi masyarakat Kelurahan Bukit Merdeka dan sekitar agar terlatih dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

- Memperkuat hubungan sosial antar anggota masyarakat Kelurahan Bukit Merdeka dengan lingkungan sekitarnya, dan

- Mengoptimalkan potensi dan sumber data untuk penanggulangan bencana di wilayah Kelurahan Bukit Merdeka dan Kabupaten Kukar.

Sebagai informasi, KSB di Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar ini adalah KSB ke 10 yang ada dan telah terbentuk di Kaltim.

Berikut ini KSB yang telah terbentuk di Kaltim :

1. KSB Kota Samarinda di Kelurahan Lempake

2. KSB Kota Balikapan di Kelurahan Teritip

3. KSB Kabupaten Kutai Timur di Kelurahan Singa Gaweh

4. KSB Kabupaten PPU di Kelurahan Sepaku

5. KSB Kabupaten Paser di Kelurahan Longkali

6. KSB Kabupaten Kutai Barat di Kampung Lambing

7. KSB Kota Samarinda di Kelurahan Simpang Tiga

8. KSB Kabupaten Kukar di Desa Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak

9. KSB Kota Balikpapan di Karang Joang, Balikpapan Utara

10. KSB Kabupaten Kukar di Kelurahan Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja.

Acara puncak pencanangan KSB Kelurahan Bukit Merdeka tersebut selain dihadiri jajaran pejabat Dinas Sosial Kaltim, juga turut dihadiri perwakilan Direktorat PKBA Kemsos RI, Kadis Sosial Kukar serta jajaran Muspika Kecamatan Samboja. (hms)