Lowongan !!! Kemsos RI Buka Seleksi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017

By: Admin
10 Oktober 2017

SAMARINDA -Kementerian Sosial (Kemsos) RI membuka kesempatan bagi WNI Pria dan Wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Koordinator Regional, Koordinator Wilayah, Koordinator Kabupaten/kota, Pekerja Sosial, Supervisor, Pendamping Sosial, Asisten Pendamping Sosial dan Administrator Database PKH.

Adapun posisi yang akan diisi melalui seleksi online adalah sebagai berikut :

1. Pekerja Sosial Supervisor : 877 Orang

- Minimal D.IV/S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerja Sosial

- Diutamakan pengalaman menjadi pendamping sosial PKH dengan latar belakang pendidikan D.IV/S1 ilmu Kesejahteraan Sosial/Pekerja Sosial

- Mempunyai pengalaman praktek pekerjaan sosial

- Menguasai MS Office

- Usia Maksimal 45 Tahun

2. Pendamping Sosial : 12.214 Orang

- Pendidikan D.III/D.IV/Sarjana Pekerjaan Sosial/Kesejahteraan Sosial/Sarjana di bidang ilmu-ilmu sosial terapan, diutamakan mengikuti pelatihan dan/atau pengalaman praktek di bidang pendampingan sosial/fasilitator pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi sosial, perlindungan sosial, jaminan sosial, dan program penanggulangan kemiskinan lainnya

- Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini)

- Menguasai MS Office

- Usia Maksimal 35 Tahun

3. Pendamping Sosial PKH Akses : 2.013 Orang

- Pendidikan minimal tingkat SMA diutamakan yang pernah mengikuti pelatihan dan /atau pengalaman praktek pekerjaan sosial di berbagai bidang pelayanan kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) minimal 1 tahun

- Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat domisili saat ini)

- Mampu berkomunikasi dengan masyarakat kampung secara baik dan memahami karakteristik masyarakat serta adat istiadat setempat

- Bersedia ditempatkan di distrik-distrik yang jauh dari ibukota kabupaten

- Usia maksimum 45 tahun

4. Asisten Pendamping Sosial : 172 Orang

- Pengalaman kerja sebagai TKSK minimal 1 tahun dan memiliki pendidikan minimal SMA/sederajat

- Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat domisili saat ini)

- Mampu berkomunikasi dengan masyarakat kampung secara baik dan memahami karakteristik masyarakat serta adat istiadat setempat

- Usia maksimum 45 tahun

5. Administrator Database Provinsi/Kabupaten/Kota : 607 Orang

- Pendidikan Diploma/Sarjana di bidang ilmu komputer/informatika/statistika dan rumpun ilmu sains dan teknologi diutamakan yang pernah mengikuti pelatihan dan /atau pengalaman praktek di bidang komputer pengolahan data dan internet

- Diutamakan bertempat tinggal di wilayah kecamatan di kabupaten/kota lokasi pelaksanaan PKH (sesuai alamat tinggal/domisili saat ini)

- Usia maksimum 35 tahun

6. Koordinator Regional : 7 Orang

- Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Wilayah PKH minimal 2 tahun

- Memiliki pengalaman kerja sebagai Koordinator Kabupaten/kota minimal 4 tahun

- Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator PKH Provinsi/Kabupaten/kota selama  5 tahun

- Memiliki hasil evaluasi kinerja baik dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi

- Membuat surat pernyataan : 1) bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Regional yang diadakan oleg Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. 2) Bersedia ditempatkan di seluruh regional. 3) Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain.

- Memiliki hasil evaluasi kinerja baik dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi dan Koordinator Wilayah

- Berdomisili di wilayah kerja Koordinator Wilayah yang membutuhkan Koordinator Regional, seperti di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Pulau Kalimantan, Pulau Maluku, Maluku Utara, Pulau Papua dan Papua Barat, Pulau Sulawesi.

7. Koordinator Wilayah : 9 Orang

- Memiliki Pengalaman kerja sebagai Koordinator Kabupaten/kota minimal 2 tahun

- Memiliki pengalaman kerja sebagai pendamping sosial minimal selama 5 tahun

- Memiliki pengalaman kerja sebagai operator PKH minimal selama 5 tahun

- Membuat surat pernyataan : 1) bersedia mengikuti seleksi koordinator wilayah yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. 2) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah yang dibutuhkan. 3) Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain.

- Memiliki hasil evaluasi kinerja baik dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas/Instansi Sosial Provinsi dan Koordinator Wilayah

- Berdomisilidi wilayah kerja Koordinator yang dibutuhkan, seperti di Provinsi Jawa Timur, NTT, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua, dan Sumatera Utara.

8. Kordinator Kabupaten/kota : 193 Orang

- Memiliki pengalaman kerja sebagai Pendamping Sosial minimal selama 5 tahun

- Memiliki pengalaman kerja sebagai Operator minimal selama 5 tahun

- Berkinerja baik berdasarkan penilaian kinerja Dinas Sosial Kabupaten/kota dan belum pernah mendapatkan Surat Peringatan (SP) dalam 4 bulan terakhir.

- Membuat surat pernyataan :

1) Bersedia mengikuti proses seleksi Koordinator Kabupaten/kota yang diadakan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. 2) Bersedia bekerja penuh waktu dan tidak terikat pekerjaan dengan pihak lain.

- Mendapatkan rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten/kota

- Berdomisili di Kabupaten/kota yang dibutuhkan.

* Persyaratan Pelamar :

  1. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/Polri
  2. Sisp dan bersedia bekerja penuh waktu (full time)
  3. Tidak berkedudukan sebagai pengurus, anggota dan atau berafiliasi Partai Politik
  4. Tidak pernah dan atau sedang tersangkut kasus hukum baik pidana maupun perdata, dibuktikan dengan SKCK
  5. Memiliki pendidikan sesuai prasyarat jabatan yang dibuktikan dengan ijazah dilegalisir
  6. Usia minimal 19 tahun dan maksimal 45 tahun pada bulan Oktober 2017
  7. Bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya
  8. Sehat jasmani dan rohani
  9. Tidak terikat kontrak kerja dengan pihak lain
  10. Bersedia menandatangani Pakta Integritas apabila terpilih
  11. Mengikuti seluruh tahapan seleksi

* Tata Cara Pendaftaran

  1. Pendaftaran online dibuka pada tanggal 9 Oktober 2017 pukul 00.00 WIB dan ditutup tanggal 18 Oktober 2017 pukul 23.59 WIB
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi berbasis android dengan nama Seleksi SDM PKH 2017 yang dapat diunduh di google play store
  3. Pelamar melakukan login pada aplikasi “Seleksi SDM PKH 2017” dengan menggunakan NIK
  4. Pelamar mengisi form pendaftaran secara lengkap yang terdiri dari :
  1. Data domisili
  2. Data pendidikan terakhir
  3. Data sertifikat (bila ada)
  4. Data pengalaman kerja
  5. Data penghargaan (bila ada)
  1. Pelamar mengunggah :
  1. Foto KTP Asli dan atau surat keterangan domisili
  2. Foto ijazah asli terakhir.
  • Tahapan Seleksi
  1. Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi adalah seleksi yang dilakukan berdasarkan hasil bverifikasi dokumen pelamar yang telah diunggah

  1. Seleksi Kompetensi Bidang
  1. Seleksi Kompetensi Bidang bagi Pekerja Sosial Supervisor, Pendamping Sosial, dan Asisten Pendamping Sosial menggunakan metode tes tertulis.
  2. Seleksi Kompetensi Bidang Bidang bagi Administrator Database menggunakan metode tes tertulis dan praktek komputer yang akan dilaksanakan di lokasi sesuai kebutuhan PKH Tahun 2017 dengan waktu dan tempat pelaksanaanya akan diinformasikan kemudian.

Seluruh peserta seleksi wajib membawa papan jalan dan pensil 2B, khusus bagi Administrator Database dan Administrator SPM diwajibkan juga membawa laptop saat pelaksanaan seleksi.

  • Ketentuan Kelulusan
  1. Seleksi Administrasi

Ketentuan seleksi administrasi dilakukan berdasarkan hasil verifikasi dokumen.

  1. Seleksi Kompetensi Bidang

Pelamar dinyatakan lulus kompetensi bidang jika memenuhi syarat minimal kelulusan kompetensi bidang.

  • Pengumuman Kelulusan
  1. Pengumuman hasil seleksi administrasi SDM Pelaksana PKH Tahun 2017 akan diinformasikan melalui surel dan notifikasi kepada masing-masing pelamar yang dinyatakan lulus.
  2. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan dipanggil mengikuti tahap selanjutnya untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang dengan menunjukkan bukti kelulusan berupa email dan notifikasi dan membawa seluruh berkas yang diunggah.
  3. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi bidang akan diinformasikan melalui surel dan notifikasi.
  • Jadwal Kegiatan
  1. Pengumuman Lowongan Kerja 7 s/d 18 Oktober 2017
  2. Pendaftaran Online 9 s/d 18 Oktober 2017
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 30 Oktober 2017
  4. Seleksi Kompetensi Bidang 12 s/d 15 November 2017
  5. Pengumuman hasil seleksi kompetensi bidang 1 Desember 2017
  • Catatan :

Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah dan akan diumumkan langsung disampaikan melalui surel dan notifikasi kepada yang bersangkutan atau melalui Dinas/Instansi Sosial setempat. (hms)