Capacity Building Pendamping dan Operator PKH Kaltim 2017

By: Admin
25 September 2017

BALIKPAPAN -Dinas Sosial Kaltim dalam hal ini Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) melalui Seksi Jaminan Sosial Keluarga, telah sukses menggelar kegiatan `Capacity Building Pendamping dan  Operator PKH Kaltim 2017` yang berlangsung pada 18 s/d 20 September 2017 lalu di Le Grandeur Hotel, Balikpapan.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 90 peserta, terdiri dari para Pendamping dan Operator PKH Kabupaten/kota se Kaltim, adapun untuk nara sumber pihak panitia menghadirkan diantaranya perwakilan dari Kementerian Sosial (Kemsos) RI, Kadis Sosial Kaltim, Hj. Siti Rusmalia Idrus, M.Si, Plt Sekretaris Dinas Sosial Kaltim, HM.Yusuf, M.Si, Kabid Linjamsos, Drs. H. Ahmadin, M.Si, serta nara sumber dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional IV Banjarmasin.

Pada hari pertama kegiatan (18/9), selain registrasi peserta yang dimulai pada pukul 13.00 Wita, pada malam harinya juga langsung dilakukan acara pembukaan yang dilakukan Kadis Sosial Kaltim, Hj. Siti Rusmalia Idrus, M.Si, sekaligus menyampaikan paparan materi bagi para peserta kegiatan `Capacity Building Pendamping dan  Operator PKH Kaltim 2017` tersebut, kemudian dirangkai dengan paparan materi dari nara sumber kedua yakni Plt Sekretaris Dinas Sosial Kaltim, dalam hal ini HM.Yusuf, M.Si, rangkaian kegiatan di hari pertama diakhiri pada pukul 22.30 Wita.

Pada hari kedua (19/9) kegiatan dimulai pada pukul 08.00 Wita, yakni rangkaian kegiatan out bond yang dipandu instruktur dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional IV Banjarmasin, berbagai permainan ketangkasan yang mengutamakan team work atau kerjasama tim dengan melibatkan seluruh peserta dalam hal ini para Pendamping dan Operator PKH Kabupaten/kota se Kaltim.

Setelah rangkaian kegiatan out bond selesai dilaksanakan, kegiatan berlanjut kembali pada penyampaian materi dari nara sumber, yang mana kali ini giliran Kabid Linjamsos yang bertindak sebagai nara sumber.

Tampil sebagai nara sumber terakhir dalam kegiatan tersebut adalah Staf Ahli dari Kementerian Sosial RI yang menyampaikan paparan terkait tugas dan fungsi Pendamping dan Operator PKH.

Adapun Maksud dan tujuan dari capacity building diperolehnya SDM yang mempunyai pengetahuan, kemampuan teknis, pemahaman terhadap peran, tugas dan fungsi dalam pendampingan Program Keluarga Harapan di seluruh daerah di Provinsi Kalimantan Timur. (hms)